Header Ads

Wapres Minta Zakat Dibayarkan Sebelum Ramadhan,Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19

Birokrasi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, saat ini merupakan waktu yang tepat bagi umat Islam untuk membayarkan zakatnya sebelum bulan Ramadhan tiba.

"Khusus bagi umat Islam, saya kira pada saat ini tepat sekali terutama bagi orang-orang kaya yang biasa keluarkan zakatnya setiap Ramadhan sebaiknya dimajukan waktunya (pembayaran) karena masyarakat sangat membutuhkan," ujar Ma'ruf saat konferensi pers melalui video conference, Selasa (31/3/2020).
Oleh karena itu, ia meminta Badan Amil Zakat yang berada di pusat dan daerah untuk segera memungut dan mengumpulkan zakat dari masyarakat.
Dengan demikian, penyalurannya bisa dipercepat kepada masyarakat yang membutuhkan. Terlebi, saat ini tak sedikit warga yang terkena dampak virus corona.
"Selain zakat juga kita melakukan infak. Dalam hukum Islam mengajarkan, siapa yang punya kelebihan supaya membagikan, menyedekahkan kelebihan wakaf kepada orang lain," kata dia.
"Pada saat inilah kita sesuai dengan kebutuhan dan ini juga merupakan inisiatif-inisiatif daerah," ucap dia.
Ma'ruf mengatakan, hal tersebut dimaksudkan sebagai salah satu intensif yang diberikan dalam rangka membantu mereka yang terdampak pandemi Covid-19 di Tanah Air.
Penyaluran zakat juga untuk menanggulangi dampak-dampak yang mungkin terjadi akibat wabah Covid-19, termasuk kelangkaan bahan makanan dan kesulitan warga miskin memperoleh kebutuhan pokok.

Tidak ada komentar