Header Ads

40 % HUTAN DI JABAR HILANG

Kondisi hutan di Jawa Barat saat ini mengalami penurunan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Dari segi kuantitas, penurunan kondisi hutan di Jawa Barat sekitar 40 persen, sehingga menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan yang berdampak pada kondisi sosial.
Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Hasan Zaenal saat menyampaikan pengusulan pengelolaan hutan kemitraan dan hutan hak, dalam rapat Paripurna DPRD Jawa Barat di Gedung DPRD Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Bandung, Kamis (16/6).
Dalam kesempatan itu, Hasan menambahkan, salah satu penyebab penurunan kuliatas dan kuantitas hutan tersebut yakni lemahnya kelembagaan yang mengurusi permasalahan tersebut di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. "Maka, kami menilai perlu adanya penguatan kelembagaan di berbagai sektor untuk lebih meningkatkan kinerja, sehingga permasalahan lingkungan yang saat ini menjadi salah satu permasalahan dapat segera diantisipasi," ujar Hasan.
Dia menjelaskan, dari segi manfaat hutan, sangatlah tidak mungkin terpisahkan dalam kehidupan masyarakat. Manfaat hutan tersebut di antaranya, hutan mampu meningkatkan curah hujan, mampu mengurangi erosi, mampu meningkatkan potensi air. "Kerusakan hutan perlu segera diantisipasi, sehingga masyarakat pun tidak terkena dampak negatif dari kerusakan hutan tersebut," ungkapnya

Tidak ada komentar