Header Ads

MALAM NISPU SYA,BAN "MALAM BER-BEDA" DI MESJID-MESJID DI KABUPATEN TASIKMALAYA DAN SEKITARNYA

Kabupaten Tasikmalaya KR.
Malam Minggu,biasanya identik dengan "Acara Seremonial" anak muda ,namun beda di Malam Minggu ini 16/7/2011 (15-Rewah) , Suasana "Demikian" di rubah dengan Suasana "Khusuk", di buktikan dengan suara "Pengeras" suara di ber-bagai pelosok,di Sekitar Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya (Singaparna) terdengar Alunan-Alunan Ayat-Ayat Suci Al-Qur,an yasin dan Aorod-Aorod Khusus yang ter-dengar berkumandang.
Di lain Tempat pun (Luar-Kabupaten Tasikmalaya) ,ketika kabar-rakyat.blogspot.com mencoba menghubungi se-seorang melalui (Shot Masage Service) SMS ,jawabannya sama ,"Lagi di Mesjid",Jawab nya.
Ada apa Gerangan ??,ya..malam ini adalah malam Nispu-Sya,ban , menurut keterangan para Ulama (Dari ber-bagai sumber Kitab Kuning) "Malam ini ,adalah malam pengampunan Dosa-Dosa bagi Ummat Manusia,apa-bila malam ini,orang yang "Merasa" penuh Dosa di dalam "Setahunan" penuh,maka akan sangat tepat apabila Malam Nispu-sya,ban seperti ini,bertobat,dan memohon ampunan Tuhan (Alloh SWT) sebagai pengampun Dosa-Dosa machluQnya yang "Bertobat" ,salah seorang Anak bertanya,"Pa ,apa betul kata Ustadz ,bahwa Raport Kita (Buku Kelakuan Manusia dan machluQ seisi Alam dunia di Hadapan Alloh),waktu nispu,sya,ban ,di setorkan oleh Malaikat kepada Alloh?? , serta merta bapaknya menjawab "Ya?" betul!! ,Nispu Sya,ban semua buku-Raport kebaikan dan kejelekan MachluQ Alloh SWT semua di setorkan dan kalau-pun ingin menjadi manusia yang Raportnya Bagus ,untuk uji kelayakan ,malam Nispu Sya,ban ini "Berusaha" ber-tobat memohon ampunan NYA", Jelas bapaknya.
Seorang Ajengan (Ulama) yang memimpin Upacara "Ritual" di salah sebuah Mesjid menyampaikan "Khutbahnya" ,Kita semua tinggal 15 Hari lagi menjelang Bulan Penuh berkah yakni Bulan Puasa" Kata Ustadz Makky Baihakki Ajengan Kampung Bojongkoneng Desa Sukaasih Kecamatan Singaparna dalam ceramah nya.
Kita sebagai manusia yang tidak luput dengan "Dosa-Dosa" yang kita buat,patut sadar sepenuhnya ,karena kita adalah machluQ hidup yang pasti Mati,lalu apa yang akan kita Bawa ke-Alam Baqqa Nanti?,dan sepatutnya pula kita "Berbenah diri" dengan cara mengingat dan ber-tobat kepada Alloh Azza wajalla bahwa kita adalah MacluQnya yang selalu "Sombong" dan Khilaf seakan-akan kita sebagai Manusia yang bersih.(Rizal)    

Tidak ada komentar