Header Ads

Alun-alun Tasikmalaya Ditutup


Selama tiga bulan ke depan atau 90 hari, warga Tasikmalaya dilarang memasuki Alun-alun Jl. Otto Iskandardinata, Kota Tasikmalaya. Alasannya, saat ini Alun-alun yang menjadi pusat rekreasi warga ditutup sementara dalam rangka revitalisasi. Kini sekeliling Alun-alun tengah dipasangi terpal biru untuk menutupi kawasan tersebut selama pembenahan dilakukan.
Penutupan kawasan Alun-alun tersebut terlihat dimulai Selasa, (13/9). Saat itu patok pengerjaan proyek sudah terpasang. Proyek tersebut didanai oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum, Sirektorat Cipta Karya, senilai Rp 614.729.000.
Kepala Bidang Taman dan Makam Dinas Cipta Karya Kota Tasikmalaya. Ir Joni Sunaryo mengatakan, pembenahan tersebut tidak terkait dengan persoalan aset di antara pemerintah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. Program revitalisasi tersebut sudah direncanakan oleh pemerintah pusat melalui provinsi untuk memperbaiki ruang terbuka hijau (RTH) Kota Tasikmalaya.
"Lokasi Alun-alun menjadi sasarannya. Kita bisa lihat, kondisi Alun-alun sudah semrawut, tidak terawat, dan bau. Padahal, Alun-alun diperuntukkan sebagai cerminan keindahan dan taman bagi warga Tasikmalaya," kata dia.
Menurut Joni, pembenahan Alun-alun tersebut telah dikoordinasikan dengan pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Bupati Uu Ruzhanul Ulum khususnya. Pemkot telah berkomunikasi dan diberikan lampu hijau dari pemkab sehingga bisa dilaksanakan seperti saat ini.
"Pembenahan ini tidak akan jadi masalah. Kami (pemkot dan pemkab) sudah sepakat, toh semua ini demi kepentingan masyarakat banyak," katanya.
Sementara itu, lanjut Joni, pembenahan Alun-alun akan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama dipastikan selesai tahun ini dan tahap kedua dilanjutkan pada tahun 2012 dengan total alokasi anggaran sebesar Rp 2,4 miliar.
Joni menambahkan, konsep pembenahan Alun-alun tersebut akan hampir mirip dengan Alun-alun Kab. Ciamis. Alun-alun diperindah sedemilian rupa dan hanya dikhususkan untuk pejalan kaki, bukan berkendaraan.

Tidak ada komentar