Header Ads

13 Miliar Pemkab Tasikmalaya Siapkan anggaran Bencana di 2012


Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menganggarkan dana sekitar Rp 13 miliar untuk tanggap bencana alam tahun 2012.
Dana ini disediakan sebagai dana pascabencana berbagai macam bencana alam seperti longsor, gempa bumi, banjir, hingga letus an gunung api.  

"Jumlah itu naik Rp 6 miliar dari tahun lalu. Dana itu kami anggarkan dari pos Biaya Tidak Terduga di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Tasikmalaya tahun 2012," kata Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, di Tasikmalaya, Jumat (24/2/2012). 
Ade mengatakan, dana itu digunakan untuk proses tanggap darurat dan bukan untuk proses mitigasi bencana alam. Oleh karena itu, ia mengharapkan bantuan dai Pemerintah Provinsi Jawa Barat membantu Tasikmalaya melakukan perbaikan sejumlah infrastruktur bencana alam, seperti kerusakan dam, sabo, dan kantong lahar sekitar Gunung Galunggung.  

"Bila berkaca pada prediksi perubahan cuaca ekstrem yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, dana sebesar itu cukup untuk proses tanggap darurat. Namun, belum memadai penanganan mitigasi bencana alam," katanya. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Abdul Kholid, menambahkan, pihaknya terus melakukan sosialisasi di daerah rawan bencana.

Tidak ada komentar